Saturday, July 13, 2013

Setop Kebiasaan Kalap Saat Makan

Setop Kebiasaan Kalap Saat MakanKALAP saat makan adalah bencana bagi Anda yang menginginkan berat badan turun. Karena itu, Anda harus bisa menyiasatinya agar situasi itu bisa dihindari.

Kalap saat makan ialah mengacu pada tak menyadari sudah sebanyak apa yang sudah Anda makan. Di mana situasi itu bisa terjadi karena mungkin Anda sangat bahagia, sedih, ataupun sedang marah dengan seseorang. Kondisi ini tentu saja tak boleh dibiarkan, terutama bagi Anda sedang memiliki keinginan menurunkan berat badan. Namun sebenarnya tak usah cemas, asal Anda mengetahui cara mencegah situasi, upaya penurunan berat badan Anda bisa berjalan dengan lancar.

Nah, bila Anda masih bingung dalam mencegah situasi itiu, segeralah cari solusi. Berikut ini ada beberapa tip yang bisa dijadikan rekomendasi, sebagaimana dilansir Magforwomen.

Mengidentifikasi emosi

Tanyakanlah pada diri sendiri apa sebenarnya yang Anda pikirkan dan rasakan saat muncul dorongan untuk membuka toples kue. Bila Anda benar-benar lapar, kenapa tak langsung makan berat saja. Namun bila tidak, segeralah untuk menarik tangan dari toples. Anda dapat menyiasati rasa ingin mengemil Anda dengan menguyah permen karet tanpa gula.

Pikirkan alternatif

Banyak orang yang bila sukses dalam target, akhirnya mereka memperlakukan dirinya dengan mengonsumsi es krim dan kalap makan makanan dengan teman-teman. Padahal, banyak alternatif lain untuk merayakan keberhasilan Anda. Lalu, aturan yang sama berlaku untuk saat-saat sedih, banyak cara lain yang bisa dilakukan, selain Anda akhirnya membuka toples kue.

Kontrol emosi Anda

Bila Anda sedang marah, mengapa tak menulis beberapa baris tulisan tentang apa yang Anda rasakan. Pasalnya, hal itu bisa meredakan emosi yang Anda rasakan. Bahkan berteriak-teriak dalam bantal masih jauh lebih baik ketimbang termakan oleh emosi sendiri. Bila Anda sedih, cobalah untu membicarakan dengan teman dekat atau saudara yang Anda bisa percaya. Intinya pastikan bahwa Anda bisa melepas emosi dalam diri dengan cara sesehat mungkin.

Melacak kebiasaan makanan Anda

Cara termudah agar bisa menguasai emotional eating ialah dengan mencatat apa yang memicu nafsu makan begitu tinggi, dan kemudian mencari bagaimana Anda bisa mengatasinya.

Jangan pernah membiarkan

Bila Anda tak dapat menahan godaan makanan dan memutuskan untuk memakannya, pastikan Anda tak memilih untuk berlama-lama di tempat makan. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment