Tuesday, March 5, 2013

Kurangi Kolesterol Buruk di Tubuh? Lakukan Diet Tinggi Serat

Kurangi Kolesterol Buruk di Tubuh? Lakukan Diet Tinggi SeratBERLEBIH kolesterol di tubuh memang sangatlah buruk untuk kesehatan. Karenanya, perlu ada kontrol agar kadar kolesterol tetap seimbang dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan.

Memerangi kolesterol jahat dalam tubuh memang tidaklah mudah. Perlu kedisiplinan dalam menjalankan gaya hidup sehat menjadi salah satu kuncinya.

Menurut sebuah laporan, seperti dikutip dari Times of India, wanita lebih rentan terhadap masalah jantung, terutama mereka yang tinggal di kota-kota besar. Padahal sebenarnya, seperti kita tahu, pria-lah yang sebenarnya cenderung berpotensi terserang masalah jantung. Tapi, penelitian justru melaporkan sebaliknya.

Hal ini dikarenakan adanya peningkatan tingkat kolesterol dari wanita yang melakukan tes kesehatan secara rutin. Bahkan, 33 persen dari wanita yang melakukan tes mengungkapkan kekhawatiran memiliki kolesterol tinggi.

Nah, untuk mencegah dari serangan jantung, lakukan langkah berikut ini, seperti dilansir Healthlob.

Diet tinggi serat

Dr Bhuvaneshwari Shankar, seorang ahli diet dari rumah sakit Apollo di India menyarankan untuk makan lebih banyak buah dan sayuran untuk mengurangi kolesterol jahat. Makanan ini dapat meningkatkan gerakan pencernaan dan usus dimana dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat.

?Serat dapat menyerap kolesterol jahat yang berlebihan (LDL) dalam darah dan membuangnya. Anda juga bisa menyantap oatmeal karena memiliki fungsi yang sama,?tambahnya.

Kolesterol baik

Idealnya, untuk menghindari jantung, tingkat kolesterol jahat (LDL) harus rendah dan kolesterol baik (HDL) yang tinggi. Makanlah makanan yang kaya Omega 3 dimana dapat membantu mengurangi kolesterol jahat. Satu bawang sehari juga bisa menurunkan kadar koleterol jahat. Dr Shankar menyebutkan bahwa kandungan asam lemak Omega 3 dapat dipenuhi dari ikan dan buah kering.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment