Tuesday, July 16, 2013

Cegah Neuropati, Jangan Lupakan Vitamin B Saat Sahur

Cegah Neuropati, Jangan Lupakan Vitamin B Saat Sahur BAGI penderita neuropati, puasa sangat memberikan manfaat, karena dengan berpuasa dapat menurunkan resiko kerusakan saraf, sehingga momen ini seharusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh mereka.

Menurut konsultan neurologis dari Departement Neurologi FKUI/RSCM, Dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K),  untuk mencegah neuropati, dapat dilakukan dengan menjalani gaya hidup yang mengupayakan gizi seimbang, olahraga teratur, dan istirahat cukup, termasuk di saat puasa.

"Termasuk di saat puasa, asupan makanan sebaiknya yang bernutrisi tinggi, khususnya yang mengandung vitamin B untuk kesehatan," Dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K) dalam media workshop bertema "Neuropati & Puasa, Kondisi & Cara Penanganannya" di Pad@28, Jakarta, Selasa (16/7/2013).

Dr. Manfaluthy Hakim menuturkan, apabila diperlukan, konsumsi vitamin neurotropik 1 x sehari sejak dini secara teratur. Menurutnya, bagi  yang menjalankan puasa, vitamin neurotropik sebaiknya dikonsumsi pada saat sahur, agar mencukupi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan saraf saat menjalankan puasa.

"Vitamin neurotropik terdiri dari vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12 yang berfungsi menjaga dan menormalkan fungsi saraf dengan memperbaiki gangguan metabolisme sel saraf," kata Dr. Manfaluthy Hakim.

Selain itu, menurutnya, vitamin neurotropik juga berfungsi memberikan asupan yang dibutuhkan supaya saraf dapat bekerja dengan baik. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment