Sunday, September 14, 2014

Tanda-tanda Mata Plus

Tanda-tanda Mata PlusKELAINAN mata tua atau biasa dikenal mata plus dialami siapa saja saat mencapai usia tua. Selain sulit membaca jarak dekat, ada tanda lain dari kelainan mata plus.  
Kelainan, yang diberi istilah ilmiah presbiopi ini, tidak dapat dicegah. Usia 40 sampai 60 tahun adalah usia rentan seseorang mengalami gangguan penglihatan jarak dekat ini. Untuk mengobatinya, perlu memakai kacamata berlensa cembung atau plus. Namun sebelumnya, perlu mengetahui beberapa tanda kelainan mata plus, seperti dikutip American Optometric Association.
 
Butuh cahaya lebih terang
Dengan bertambahnya usia, lebih membutuhkan cahaya saat membaca di tempat yang kurang pencahayaan. Anda merasa kemampuan membaca di tempat demikian tidak seperti sebelumnya.
 
Sulit membaca tulisan kecil

Tulisan kecil menjadi tidak jelas saat dibaca pada jarak normal. Ini disebabkan mata tidak fleksibel lagi, sehingga sulit bagi mata fokus melihat objek dekat.
 
Masalah dengan pantulan cahaya
Mata Anda sering menerima pantulan cahaya matahari atau cermin. Ketika terjadi kelainan, mata sulit memfokuskan pantulan cahaya ke retina, sehingga pantulan cahaya lebih terang di mata daripada biasanya.
 
Salah tebak warna
Lensa mata yang bening mulai berubah warna di usia tua. Ini memungkinkan menjadi sulit membedakan beberapa warna yang terlihat serupa.
 
Kurangnya produksi air mata
Seiring bertambahnya usia, produksi kelenjar air mata menurun. Hasilnya, mata lebih sering  kering dan mudah teriritasi.
(jjs)

»

0 comments:

Post a Comment