Thursday, September 25, 2014

Rutin Pilates Cegah Bungkuk saat Lansia

Rutin Pilates Cegah Bungkuk saat LansiaOLAHRAGA pilates adalah salah satu olahraga mind and body exercise yang berjenisnya low impact. Manfaat berolahraga pilates yang utama adalah membenarkan postur tubuh.  
Hal tersebut disampaikan oleh instruktur pilates yang juga Faunder PilatesID.com, Maharani Panggabean. Menurutnya, kebanyakan orang seringkali tidak memperhatikan postur tubuhnya, padahal sangat penting untuk masa tua. (Baca: Ingin sehat, lari 30 menit saja)
 
?Sedangkan kalau postur tubuhnya sudah jelek saat usia 30 tahun terus tidak pernah diperbaiki, apalagi di umur 60 tahun, maka posturnya akan semakin bungkuk. Di sini pilates bisa membantu, tetapi hasilnya tidak instan, seiring jalannya waktu kalau rutin seminggu satu kali dilakukan biasanya akan semakin membaik,? ujarnya kepada Okezone di BLU Lounge Shangri-La Hotel, Jakarta, Rabu 24 September 2014.
 
Bungkuk dalam istilah medis disebut sebagai kifosis, yakni gangguan tulang belakang di mana punggung bagian atas menunjukkan sebuah kelengkungan ke depan yang abnormal. Kondisi tersebut mengakibatkan kelainan tulang belakang yang dideskripsikan sebagai bungkuk.
 
Terlepas dari itu, menurut Rani dampak masalah postur tidak hanya mengenai bentuk tubuh yang menjadi membungkuk. Rani mengatakan bahwa karena postur tubuh yang kurang baik ini semakin banyak juga orang-orang sering mengeluhkan sakit back pain, mudah cedera atau sering nyeri ketika naik tangga. (Baca: Pilates cegah osteoporosis)
 
?Jadi, sekatang banyak orang yang mengeluhkan masalah tersebut. Tetapi, hal itu sebenarnya bermula dari kebiasaan kita membawa tubuh ini dengan postur yang baik sambil beraktivitas,? tutupnya.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment