Tuesday, September 30, 2014

Lansia Berisiko Nyeri Pasca-Herpes

Lansia Berisiko Nyeri Pasca-HerpesNYERI pasca-herpes Zoster (NPH) adalah suatu komplikasi dari penyakit Herpes Zoster (HZ). Komplikasi ini ditandai dengan rasa sakit yang luar biasa melebihi herpes yang pernah diderita sebelumnya.

Prevalensi NPH di 13 Rumah Sakit pendidikan di Indonesia sepanjang tahun 2011-2013 adalah 593 kasus, atau sekitar 26,5 persen dari 2.232 kasus Herpes Zoster.  
Dari jumlah kasus NPH tersebut, 250 kasus dialami oleh kelompok usia 46-64 tahun dan 140 kasus pada usia 65 tahun ke atas. NPH adalah nyeri di daerah bekas ruam yang biasa diakibatkan oleh Herpes Zoster. Nyeri ini dapat berlangsung beberapa bulan, bahkan sampai menahun. 
 
?Nyeri akut yang muncul beberapa minggu pasca-herpes dan NPH tergolong nyeri berat, bahkan biasanya ini lebih nyeri daripada sakit saat melahirkan,? ujar Dr. dr. Andradi Suryamiharja, Neurolog dari Rumah Sakit Graha Kedoya, dalam seminar media berjudul ?Lansia dan Nyeri Pasca Herpes, Cegah dari Sekarang?, di bilangan Thamrin, Jakarta, Selasa (30/9/2014).
 
Risiko NPH naik 27 kali lipat pada orang berumur 50 tahun ke atas, dan ini dapat meningkat sepuluh persen setiap sepuluh tahun dari pertambahan usia. ?HZ dan NPH merupakan kasus penyakit yang sulit ditangani dan merupakan penyebab penurunan kualitas hidup penderita, khususnya lansia,? imbuhnya
 
Herpes Zoster adalah penyakit yang disebabkan hidupnya kembali virus varicella, yaitu virus yang menyebabkan cacar air. Herpes jenis ini ditandai dengan ruam dan lesi (kondisi rusaknya jaringan) di kulit dengan nyeri yang hebat.
 
Dengan semakin menuanya seseorang, maka imunitas yang secara spesifik mencegah reaktivasi virus ini akan menurun dan menyebabkan Harpes Zoster serta  komplikasi nyeri pasca herpes. Pencegahan sementara ini adalah cara paling efektif dalam menghindari dampak negatif dari penyakit ini.
(fik)

»

1 comments:


AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c.

Post a Comment