Tuesday, September 30, 2014

Cakupan Bidan Kian Besar, AKI Tetap Tinggi?

Cakupan Bidan Kian Besar, AKI Tetap Tinggi?DATA terakhir angka kematian ibu (AKI) di Indonesia menunjukkan 359/100.000 kelahiran hidup. Data tersebut sempat dipertanyakan kevalidannya, termasuk dari Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Dr Emi Nurjasmi, M.Kes.

Emi Nurjasmi mengaku sangat kaget dengan peningkatan angka kematian ibu karena sebelum 2012, angkanya tidak setinggi itu. Terlebih lagi, menurut Emi, cakupan bidan di berbagai fasilitas-fasilitas kesehatan semakin besar.

"Kami bidan sedikit kaget dan bingung. Padahal, kami merasa bidan-bidan di fasilitas, baik milik pemerintah, swasta, maupun praktek mandiri cakupannya semakin besar, tetapi kenapa AKI masih meningkat, sehingga itu menjadi tanda tanya," ucapnya di Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (30/9/2014).

Namun, menurut Emi Nurjasmi, apa pun penyebabnya, data peningkatan AKI tersebut sudah di-publish ke masyarakat. Karenanya, para bidan diharapkan terus termotivasi memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat, terlebih mereka merupakan garda terdepan dalam pelayanan masyarakat.

"Kami punya potensi akan hal itu. Jadi, motivasi kami tentu semua perempuan di Indonesia bisa kita layani. Selain itu, kita juga punya tujuan bagaimana angka kematian ibu dan kesakitan pascanifas bisa dikurangi, tentu apabila menggunakan fasilitas pelayanan yang sesuai," tutupnya. (fik)

»

1 comments:

AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c.

Post a Comment