Wednesday, September 24, 2014

Resistensi Insulin Bukan Penyebab Diabetes

Resistensi Insulin Bukan Penyebab DiabetesSELAMA ini, resistensi insulin selalu dianggap sebagai penyebab utama diabetes. Faktanya, resistensi insulin dapat menyebabkan masalah metabolisme lain yang berdampak seperti pada gangguan sistem kardiovaskular dan darah.

?Resistensi insulin itu adalah penyebab utama, penyebab mekanisme terjadinya gangguan metabolisme. Gangguan metabolisme yang sering terdengar salah satunya adalah diabetes,? kata Dr. Em. Yunir Sp.PD-KEMD, pakar endokrin FKUI/RSCM kepada Okezone di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (24/9/2014).

Resistensi insulin adalah suatu kondisi ketika insulin, hormon yang berfungsi mengantakan gula ke sel, tidak bekerja dengan baik. Ketika gula tidak dapat diterima oleh sel, tubuh dapat kekurangan energi, dan gula yang berlebih dalam aliran darah dapat menyebabkan masalah lainnya.

Resistensi insulin menjadi salah satu faktor terbesar penyebab diabetes (dikategorikan sebagai diabetes tipe dua), selain karena faktor tidak cukupnya hormon insulin dalam tubuh.

Dr Yunir mengatakan bahwa, resistensi insulin juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain. Di antara masalah tersebut seperti gangguan kolesterol, kenaikan asam urat, kegemukan, gangguan pembekuan darah, dan sebagainya.

?Ada banyak aspek yang muncul, ujung-ujungnya itu gangguan resistensi insulin. Jadi, diagnosa penyakit yang muncul itu dilacak karena resistensi insulin,? tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment