Friday, September 26, 2014

Ahli Epidemiologi Bantu Penanggulangan Ebola

Ahli Epidemiologi Bantu Penanggulangan EbolaINDONESIA hingga saat ini masih kekurangan tenaga ahli epidemiologi lapangan. Padahal, peran ahli epidemiologi lapangan sangat penting nantinya dalam menghadapi wabah penyakit, termasuk ebola.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Direktur Field Epid Training Program (FETP), dr I Nyoman Kandun, MPH. Dikatakan bahwa tenaga ahli epidemiologi lapangan berperan dalam menunjang pembangunan melalui upaya-upaya kesehatan yang bersifat promotif-preventif berbasis bukti, melakukan investigasi wabah Kejadian Luar Biasa penyakit.

"Oleh karena itu, seandainya pemerintah mempunyai komitmen mau mengirim tim ke daerah yang terjangkit suatu wabah penyakit seperti ebola di Afrika, maka bisa saja salah satunya dari tenaga ahli epidemiologi," ujarnya pada Konferensi Pers di Gedung Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (26/9/2014).

Terlebih lagi, saat ini menurut dr I Nyoman Kandun peran Indonesia sebagai negara di ASEAN sedang dipertanyakan terkait penanggulangan Ebola. Oleh karena itu, menurut dr I Nyoman Kandun, Indonesia harus mampu mencetak banyak tenaga ahli epidemiologi yang berkualitas.

"Jadi nanti kalau sekretariat ASEAN membentuk tim penanggulangan Ebola yang terdiri dari negara-negara ASEAN, tentu Indonesia harus terlibat kalau mau disebut hebat," tuturnya.

Sementara, dr I Nyoman Kandun mengatakan bahwa lulusan Epidemiologi Training Program ini bisa memiliki tiga standar kapasitas yang dibutuhkan. Tiga standar tersebut di antaranya adalah kemampuan mendeteksi kejadian luar biasa terkait penyakit infeksi menular atau emergency desease, kapasitas untuk melaporkan segera apa yang sudah terdeteksi, dan kapasitas untuk merespon.

"Jadi, kalau misalkan ebola atau MERS masuk ke Indonesia, kita sudah mempunyai 3 kapasitas ini, yakni capacity to detect, to report, and respons," tutupnya.
(fik)

»

1 comments:

AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c.

Post a Comment