Thursday, February 21, 2013

Waspada, Infeksi Jamur Bayi Berawal dari Ruam Popok

Waspada, Infeksi Jamur Bayi Berawal dari Ruam Popok   INFEKSI jamur pada daerah intim tidak hanya bisa menyerang orang dewasa. Balita pun bisa mengalami hal serupa. Penggunaan popok yang tidak tepat dan kurangnya kebersihan bisa menjadi penyebab utama munculnya jamur.
 
Infeksi jamur biasanya disebabkan oleh sekelompok jamur mikroskopis atau ragi. Candida, salah satu jenis ragi ini secara alami hidup pada permukaan tubuh tetapi dapat berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan infeksi dengan kehangatan dan kelembapan yang dianggap tepat, demikian yang dilansir Ehow.
 
Sebelum menjadi infeksi jamur, ruam popok ditandai oleh kulit merah dan teriritasi. Setelah itu berkembang menjadi infeksi jamur. Bagaimanapun, ruam akan sedikit menonjol dengan bentuk tidak beraturan.
 
Bercak merah ini bisa berupa papula atau benjolan kecil yang berisi nanah dan mudah lecet. Pada kondisi tertentu, skrotum bayi dan juga penis bisa menjadi sangat merah dan bersisik juga mengalami kulit kering.
 
Perawatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan bayi Anda. Obati selalu ruam popok sehingga tidak semakin memburuk. Anda bisa mencegah ruam meluas dengan menggunakan popok sekali pakai yang terbuat dari bahan yang bisa menyerap keringat. Pastikan popok Anda bisa memberikan sirkulasi udara yang baik bagi kulit bayi Anda.
 
Jika anak Anda mengalami demam atau mulai mengalami luka terbuka atau muncul cairan kuning di pada daerah yang infeksi gejala-gejala ini bisa mengindikasikan infeksi bakteri, segera periksakan ke dokter. (ind)
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment