Tuesday, February 26, 2013

Mengemudi Saat Flu Sama Bahayanya Ketika Mabuk

Mengemudi Saat Flu Sama Bahayanya Ketika MabukMENDERITA flu setidaknya sekali dalam setahun sangat umum bagi sebagian besar orang. Pilek atau flu bisa menjadi lebih buruk dengan tambahan gejala kepala pusing, batuk, mata berair, hidung tersumbat, atau bersin. Tapi tahukah Anda, sesungguhnya kondisi tersebut sangat berbahaya apalagi jika Anda sedang melakukan kegiatan harian seperti mengemudi.

Jangan anggap remeh penyakit seperti flu atau pilek. Menurut sebuah studi terbaru, mengemudi saat Anda merasa flu berat sama berbahayanya seperti pengemudi mabuk. Saat Anda mengemudi dengan flu berat yang sangat buruk, Anda cenderung memiliki respon yang lebih lambat untuk menghentikan mobil dan juga mendorong terlalu dekat dengan kendaraan di depan Anda. Tentu ini dapat menempatkan Anda pada risiko kecelakaan, demikian yang dilansir Healthmeup.

Profesor Andy Smith dari Cardiff University mengatakan ,"Saat Anda bersin, ini akan membuat Anda untuk berpaling dari jalan sampai tiga detik. Mengalami flu atau pilek setara dengan minum tiga atau empat liter minuman keras dan tentu bisa sangat berbahaya."

Prof. Andy juga menambahkan, orang-orang yang mengemudi saat mengalami flu memiliki waktu reaksi lebih lambat. Pilek memerlambat waktu reaksi sebesar 36 milidetik. Padahal mereka yang mengonsumsi alkohol dan mengemudi hanya mengalami reaksi lambat sekira 15 milidetik.

Flu atau pilek tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik Anda, tetapi juga kesehatan mental. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa pilek juga dapat memengaruhi kewaspadaan Anda. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment