Wednesday, February 20, 2013

Empat Negara Waspadai Virus Mirip SARS

Empat Negara Waspadai Virus Mirip SARS   CORONAVIRUS yang pertama kali muncul pada akhir tahun lalu masih menjadi pengawasan para ahli kesehatan. Sifatnya yang menyerupai virus SARS ini tentu bisa membahayakan kesehatan. Pasien pada beberapa kasus bahkan sudah dilaporkan meninggal dunia.

Masyarakat saat ini mengkhawatirkan apakah coronovirus ini bisa menular dengan cepat dari manusia ke manusia? Profesor John Watson, kepala departemen penyakit pernapasan di Health Protection Agency (HPA) Inggris, menyebut ancaman penularan sangat rendah. "Jika coronavirus baru lebih menular, kita akan melihat sejumlah besar kasus bermunculan, sampai saat ini kita hanya melihat sejak kasus pertama dilaporkan dengan jarak waktu tiga bulan lalu," ujarnya. Yang berbahaya adalah virus ini dapat menyebabkan pneumonia dan gagal ginjal, demikian yang dilansir Health24, Kamis (21/2/2013).

Jenis baru dari coronavirus pertama kali ditemukan pada seorang pria Qatar tahun lalu. Ia menjalani perawatan di rumah sakit di Inggris setelah terbang dari Doha pada bulan September.

Selain empat pasien di Inggris, tes laboratorium telah mengkonfirmasi lima kasus di Arab Saudi, dua di Yordania dan satu di Jerman. Kebanyakan dari mereka yang terinfeksi usai melakukan perjalanan di Timur Tengah dan Pakistan.
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment