Wednesday, February 27, 2013

Ternyata, Kurang Minum Bisa Sebabkan Sembelit

Ternyata, Kurang Minum Bisa Sebabkan SembelitKONSTIPASI adalah salah satu gangguan pencernaan yang disebabkan oleh kurangnya serat dalam tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan konstipasi?  
Gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit memang identik dengan kekurangan gizi dalam tubuh. Tapi bukan hanya kekurangan serat yang bisa menyebabkan konstipasi, kekurangan cairan atau dehidrasi juga bisa mengakibatkan sembelit.
 
"Yang tidak diketahui oleh masyarakat adalah air juga berperan untuk menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit. Saluran cerna kering dan membuat kotoran menjadi keras, ini menyebabkan sembelit," ungkap Dr. dr Luciana B Susanto, MS, SpGK, ahli gizi, dalam sebuah acara Air Bisa Cegah Dehidrasi (ABCD) Harus Dimulai dari Sekolah di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (28/02/2013).
 
Dr. Luciana juga menambahkan, jika Anda mengalami konstipasi, kemudian memperbanyak makan serat namun kurang minum air, ini akan membuat kotoran dalam saluran cerna semakin keras dan memperburuk kondisi kesehatan.
 
"Perbanyak serat dan seimbangkan dengan minum air yang cukup, karena air akan membantu melancarkan saluran cerna dan membuat kotoran menjadi lebih mudah dikeluarkan," tambah Dr. Luci.
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment