Tuesday, February 26, 2013

Aman dari Mimisan, Setop Kebiasaan Ngupil

Aman dari Mimisan, Setop Kebiasaan Ngupil MIMISAN adalah istilah medis yang diberikan pada kondisi perdarahan hidung. Hidung manusia yang memiliki banyak pembuluh darah bisa terluka akibat berbagai hal. Anda perlu memerhatikan kemungkinan yang bisa menyebabkan mimisan.
 
Karena posisi hidung tepat di tengah-tengah wajah Anda dimana sebagian besar pembuluh darah ada di sana, hal ini meningkatkan kemungkinan Anda untuk mengalami mimisan. Epistaksis atau perdarahan dari hidung bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari cedera hidung, infeksi, alergi, dan alasan lainnya.
 
Terkadang, perdarahan disebabkan oleh adanya kekeringan cuaca yang membuat hidung Anda kering. Hal ini sering terlihat pada pasien yang memiliki deviasi septum. Karena aliran udara lebih cepat melalui daerah yang sempit, menciptakan kekeringan bahkan lebih dan ini menyebabkan iritasi, yang memicu perdarahan hidung atau mimisan, demikian yang dilansir Healthmeup.
 
Kebiasaan ngupil juga bisa menjadi salah satu pemicu mimisan. Jari tangan bisa melukai dinding hidung dan menyebabkan borok pada lapisan halus septum, (partisi tengah antara lubang hidung), dan ini bisa menyebabkan perdarahan.
 
Anak-anak biasanya mengalami mimisan dari pembuluh darah dibagian depan septum hidung. Ini bisa disebabkan oleh pilek atau kebiasaan ngupil. Hal ini dapat dikontrol dengan menekan lembut hidung yang berdarah dan mengompres dengan es. Anda juga bisa memberikan pelumasan pada hidung dengan menggunakan pelembap, minyak kelapa atau minyak zaitun. (ind)
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment