Monday, February 25, 2013

Mood Berubah Drastis, Waspada Gangguan Bipolar

Mood Berubah Drastis, Waspada Gangguan BipolarTIDAK banyak orang yang mengetahui tentang penyakit gangguan bipolar. Penyakit kejiwaan ini muncul akibat fluktuasi mood dan adanya gangguan pikiran serta fisik. Berikut ini ulasan lebih lanjut mengenai gangguan bipolar.

Gangguan bipolar adalah gangguan kejiwaan yang ditandai oleh perpindahan mood, pikiran, energi, dan perilaku. "Salah satu tanda dari bipolar adalah, adanya perubahan mood secara drastis. Bisa naik dengan tinggi, dan tiba-tiba menurun dengan cepat," ungkap Dr. dr Nurmiati Amir, spesialis kejiwaan dari FKUI dalam acara Women's Health 2013, di gedung FKUI, Jakarta, Senin (25/02/2013).

Mengingat penyakit ini rentang menyerang pria dan wanita, maka ketika terjadi gejala-gejala tersebut, Anda pun perlu segera memeriksakan diri.

"Yang perlu diperhatikan ialah jika sudah muncul tanda seperti yang disebutkan tadi, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan. Karena angka penderita bipolar yang bunuh diri mencapai 15-20 persen. Tentu ini sesuatu yang mengkhawatirkan," jelas Dr Nurmiati.

Sejauh ini, gangguan bipolar terdiri dari dua jenis dimana bisa menyerang pria maupun wanita. Pada bipolar tipe 1, prevalensi pria dan wanita hampir sama. Namun pada bipolar tipe 2, wanita cenderung lebih banyak menderita penyakit gangguan mental ini. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment