Tuesday, February 26, 2013

2014, RSUD Depok Janji Tambah Ruang Kelas III

2014, RSUD Depok Janji Tambah Ruang Kelas IIIDINAS Kesehatan Kota Depok meminta setiap rumah sakit mengoptimalkan ruang kelas III dan pelayanan bagi pasien miskin. Terutama pasien miskin yang termasuk dalam program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).  
Salah satunya, dengan membangun gedung baru di RSUD Sawangan Depok untuk menampung pasien miskin lebih banyak. Hal itu juga dibenarkan oleh Lies Karmawati, Direktur RSUD Depok.
 
Menurut Lies, tahun ini akan dimulai pembangunan gedung baru dengan anggaran APBD sebesar Rp9 miliar. Anggaran tersebut juga sudah disetujui oleh DPRD.
 
"Tahun ini ada pembangunan gedung baru, hal itu bisa menambah kapasitas tempat tidur pasien kelas III," katanya kepada wartawan, Rabu (27/2/2013).
 
Dengan adanya gedung baru, kata Lies, akan ada tambahan 80 tempat tidur lagi. Di mana kelas III sebanyak 60 tempat tidur tambahan.
 
"Ada 80 tempat tidur tambahan, ada kelas I dan II, kelas III 60-an," jelasnya.
 
Lies mengaku, tidak mungkin memberlakukan seluruh kamar berstatus kelas III. Sebab, lanjutnya, banyak pula warga mampu yang dirawat di sana memakai uang sendiri.
 
"Kelas III semua enggak bisa dong, bagaimana dengan mereka yang mampu merasa bayar sendiri. Intinya, kami akan prioritaskan kelas III sebanyak 75 persen pada 2014," tuturnya.
 
Selama ini, RSUD yang merupakan rumah sakit tipe C, masih berutang tempat tidur kepada Kementerian Kesehatan. Sebab minimal, rumah sakit tipe C harus ada 100 tempat tidur. Lies juga menegaskan, tidak ada kasus penolakan pasien oleh RSUD selama ini.
 
"Kalau penuh ya dirujuk. Kalau masih bisa dirawat di selasar, ya dirawat. Target nantinya 2014 ada 120-an tempat tidur, 75 persennya untuk pasien miskin karena tahun ini fokus pembangunan," tutupnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment