Tuesday, February 19, 2013

Krisis Air Bersih, Warga Suriah Dikepung Demam Typhoid

Krisis Air Bersih, Warga Suriah Dikepung Demam Typhoid    DEMAM typhoid saat ini tengah melanda wilayah Suriah. Warga sekitar diperkirakan mengonsumsi air sungai yang tercemar. Wilayah yang sedang mengalami masa krisis perang ini kesulitan mendapatkan air bersih.
 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan sekira 2.500 orang di timur laut  Deir al-Zor, provinsi yang terinfeksi dengan penyakit menular menyebabkan diare dan bisa berakibat fatal. Perwakilan WHO di Suriah, Elizabeth Hoff mengatakan, ?Tidak ada bahan bakar atau listrik yang cukup untuk menjalankan pompa air, sehingga warga lebih memilih mengonsumsi air dari sungai Efrat yang mungkin terkontaminasi limbah, demikian yang dilansir Foxnews.
 
WHO mencatat ada banyak warga yang terkena demam typhoid. Demam typhoid ini disebabkan karena adanya infeksi pada saluran usus dan aliran darah oleh bakteri salmonella. Orang bisa terinfeksi demam ini akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi.
 
?Ini adalah kondisi yang memprihatinkan, Anda bisa melihat sanitasi dan sistem air benar-benar rusak. Ada sekira 50 hingga 70 orang dalam penampungan yang berbagi toilet yang terbatas jumlahnya di sekitar Damaskus,? ungkap Hoff. (ind)
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment