Wednesday, February 20, 2013

Cemas Meningkat, Imun Tubuh pun Makin Turun

Cemas Meningkat, Imun Tubuh pun Makin Turun MENGHADAPI masalah dalam sebuah hubungan memang tidaklah mudah. Namun, kemampuan Anda dalam mengatasi masalah tersebut ternyata berpengaruh terhadap kesehatan. Salah satunya ialah dapat membuat kekebalan tubuh Anda melemah.
 
Para peneliti dari Ohio State University's Institute for Behavioural Medicine Research (IBMR) melakukan penelitian seputar perilaku pada suami istri dalam menjalin hubungan mereka. Para peneliti menggunakan air liur peserta dan sampel darah untuk menguji tingkat stres yang berhubungan dengan hormon kortisol dan jumlah sel tertentu yang berkaitan dengan kekebalan tubuh, demikian yang dilansir Healthmeup.
 
Penelitian yang dilakukan di Amerika ini menunjukkan bahwa menjadi gelisah akibat adanya masalah dalam hubungan dapat bertindak sebagai stressor kronis yang dapat memengaruhi kekebalan tubuh. Kecemasan yang disebabkan adanya masalah pada hubungan pernikahan menghasilkan tingkat stres yang lebih tinggi, juga hormon kortisol yang melonjak. Di samping itu, tubuh menjadi lemah dan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi berkurang.
 
"Setiap orang memiliki jenis masalah dalam hubungan mereka, tetapi tingkat kecemasan tinggi mengacu pada orang yang memiliki kekhawatiran yang terus-menerus dalam sebagian besar hubungan mereka," kata Lisa Jaremka, postdoctoral fellow di Institut Ohio untuk IBMR, yang memimpin penelitian.
 
Mereka dengan kecemasan tinggi memproduksi rata-rata 11 persen hormon kortisol lebih daripada orang-orang dengan kecemasan rendah. Semakin cemas peserta maka mereka memiliki antara 11 persen dan 22 persen sel kekebalan tubuh yang lebih sedikit. (ind)
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment