Saturday, February 23, 2013

Duduk 6 Jam Sehari, Serangan Diabetes Mengancam

Duduk 6 Jam Sehari, Serangan Diabetes Mengancam   BERAPA banyak waktu yang Anda habiskan untuk duduk di depan komputer di kantor Anda setiap hari? Tentu berjam-jam bukan? Nah, sebaiknya Anda berhati-hati dengan rutinitas tersebut. Pasalnya, terlalu banyak duduk dalam waktu yang sangat lama, bisa menyebabkan penyakit kronis yang berbahaya bagi kesehatan Anda.
 
Peneliti dari Australia dan Kansas State University mengatakan temuan mereka memiliki implikasi untuk pekerja kantor, pengemudi truk dan orang lain yang secara teratur duduk untuk jangka waktu yang lama. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa semakin banyak orang duduk setiap hari, semakin besar risiko untuk terserang masalah kesehatan kronis, seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung, demikian yang dilansir Health24.
 
?Kita tahu orang yang lebih aktif secara fisik bisa mencegah penyakit kronis lebih baik daripada mereka yang kurang aktif secara fisik,? ungkap Richard Rosenkranz, asisten profesor nutrisi manusia di Kansas State University.
 
"Banyak pekerjaan kantor yang memerlukan jangka waktu yang lama duduk mungkin berbahaya bagi kesehatan Anda karena tidak aktif dan rendahnya tingkat pengeluaran energi," jelasnya.
Jumlah penyakit kronis makin meningkat seiring dengan banyaknya orang yang terlalu lama duduk. Penelitian mengungkapkan bahwa pria yang duduk selama empat jam atau kurang setiap hari jauh lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki kondisi kronis seperti kanker, diabetes, penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, dibandingkan mereka yang duduk selama lebih dari empat jam setiap hari. Dan orang-orang yang duduk selama setidaknya enam jam sehari berada pada risiko signifikan lebih besar untuk diabetes. (ind)
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment