Wednesday, February 27, 2013

Netralisir Racun di Tubuh? Perbanyak Konsumsi Serat

Netralisir Racun di Tubuh? Perbanyak Konsumsi SeratBANYAK jajanan sekolah yang mengandung zat berbahaya saat ini. Perhatian orang tua terhadap apa yang dikonsumsi oleh anak Anda disekolah. Memberikan asupan gizi yang seimbang menjadi salah satu kuncinya.
 
Kita memang tidak bisa sepenuhnya mengontrol apa yang anak konsumsi saat di sekolah. Jajanan yang mungkin mengandung bahan berbahaya bisa jadi masuk ke dalam tubuh anak Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus memberikan asupan gizi seimbang agar anak bisa tetap sehat dan tubuhnya mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuhnya.
 
?Memberikan asupan gizi seimbang adalah cara yang tepat untuk mengatasi jajanan berbahaya di sekolah. Mulai dari kecil, biasakan makan karbohidrat, protein dan serat seimbang. Dengan begini, anak juga akan terbiasa untuk memilih jajanan yang lebih sehat,? ungkap Dr.dr Carmen M. Siagian, Ms, SpGK, ketua II pengurus pusat PDGMI (Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia), saat ditemui Okezone dalam sebuah acara penghargaan Caravan Gizi Dancow, Dokter Kecil- Mahir Gizi 2012, dengan tema Sehat Dimulai Dari Sekolahmu, di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu (27/02.2013).
 
Dr. Carmen juga menyarankan agar orang tua memberikan lebih banyak asupan sayuran dan buah atau makanan dengan kandungan tinggi serat, karena akan membantu tubuh menetralisir racun.
 
?Yang tidak diketahui orangtua adalah peran serat sebagai salah satu penetralisir racun. Serat umumnya tidak akan diserap tubuh seperti karbohidrat atau protein, namun serat akan dikeluarkan oleh tubuh. Diharapkan, dengan asupan cukup serat, akan serta membawa zat-zat beracun dalam tubuh dalam bentuk feses. Sehingga tubuh anak bisa terbebas dari zat berbahaya yang ada dalam jajanan di sekolah,? ungkap Dr. Carmen. (ind)
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment