Thursday, September 18, 2014

Makan Protein Dianjurkan Sebelum Donor Darah

Makan Protein Dianjurkan Sebelum Donor DarahBANYAK persiapan yang harus dilakukan bagi pendonor sebelum mendonorkan darahnya. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah berpuasa.

Dr Salimar Salim selaku Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta mengatakan bahwa puasa yang harus dilakukan oleh pendonor bukanlah seperti di bulan Ramadan. Hanya, menurut Dr Salimar, pendonor memang dianjurkan untuk makan terlebih dahulu tiga jam sebelum mendonorkan darahnya.

"Kalau kita makan langsung kan belum diserap, jadi tidak ada kekuatan untuk kita. Sedangkan, kalau kita sudah makan tiga jam sebelum donor sudah ada kekuatan untuk donor darah," ujarnya kepada Okezone di Kantor PMI DKI Jakarta, Jl. Kramat Raya, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Oleh karena itu, Dr Salimar mengatakan bahwa secara umum tidak ada makanan yang dilarang atau harus dikonsumsi ketika hendak mendonorkan darah. Tetapi, menurut Dr Salimar yang terpenting adalah pendonor harus makan-makanan yang seimbang, misalnya tidak hanya mengonsumsi sayur.

"Jadi, tiga jam sebelum donor harus makan nasi dengan protein, lemak, sayur, dan air. Artinya, jangan hanya misalnya makan gado-gado, itu tidak kita anjurkan karena akan lemas setelah donor," tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment