Monday, September 1, 2014

Jangan Sepelekan Varises!

Jangan Sepelekan Varises!VARISES masih dipandang sebagai masalah kosmetik yang mengganggu penampilan. Padahal, varises adalah sebuah penyakit yang bisa berakibat fatal bagi kesehatan.

Minimnya pengetahuan masyarakat terkait varises seringkali membuat pengobatannya sudah masuk ke stadium lanjut. Menurut Dr. R Suhartono, Sp.B(K)V dari Venosan Clinic Indonesia mengatakan, varises dapat menimbulkan komplikasi serius. Mulai dari penyumbatan pembuluh darah balik yang dapat menyebabkan emboli paru (pulmonary embolism /PE), koreng, hingga perubahan warna kulit. Karenanya, dokter bedah vaskuler itu menganjurkan untuk tidak menyepelekan varises.

?Tidak perlu khawatir meski terbilang mempunyai komplikasi lanjut yang berbahaya namun penyakit varises ini masih bisa disembuhkan,? terangnya dalam email yang diterima Okezone, Senin, 1 September 2014.

Varises sendiri merupakan pembesaran pembuluh darah vena disertai dengan kerusakan katup. Pembuluh vena bertugas mengembalikan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Di dalam pembuluh vena terdapat katup satu arah yang mencegah darah mengalir ke arah sebaliknya (reflux). Oleh para pakar, varises terjadi akibat katup vena yang berfungsi tidak baik.

?Kalau orang tua kita ada yang varises maka semakin tinggi resiko kita akan terkena varises juga,? tambahnya

Varises sendiri bisa dipicu karena berbagai faktor. Namun yang paling besar risikonya yakni akibat seringnya memakai sepatu hak tinggi.

"Terlalu lama duduk ataupun berdiri, kolesterol tinggi, obesitas, dan sering memakai sepatu hak tinggi, turut mempertinggi resiko terjadinnya penyakit varises," tutupnya.
 
 
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment