Tuesday, September 16, 2014

Usia 50 Tahun Waspadai Komplikasi Hepatitis A

Usia 50 Tahun Waspadai Komplikasi Hepatitis AHEPATITIS A dapat ditularkan melalui makanan yang kita konsumsi. Meski demikian, tidak perlu terlalu mengkhawatirkan akan terinfeksi hepatitis A.

Menurut Prof. Dr. dr. Ali Sulaiman, Sp.PD, KGEH, hepatitis A tidak ada yang menahun, sehingga sebenarnya tidak perlu dirawat di rumah sakit. Kecuali, bila yang terinfeksi berusia lebih dari 50 tahun, maka butuh perawatan medis, karena khawatir adanya komplikasi yang muncul.  
"Jadi, meskipun tidak sampai meninggal, itu masih ada 0,05 persen bisa fatal sampai meninggal. Jadi, kalau sudah di atas 50 tahun itu sebaiknya harus lebih berhati-hati, mungkin perlu perawatan," ujar pakar hepatitis ini pada konferensi pers mengenai "Hepatitis di Indonesia" di Ruang Maharmardjono, Gedung Kemenkes RI, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (16/9/2014).
 
Namun, hepatitis A terkadang muncul karena terinfeksi hepatitis B. Karena itu, Prof Sulaiman menyarankan bagi mereka yang terinfeksi hepatitis B untuk juga melakukan vaksinasi hepatitis A.
 
"Jadi, vaksinasi hepatitis A sekarang bisa bersama-sama dengan vaksinasi hepatitis B. Biasanya dicek terlebih dahulu apakah sudah ada antibodi hepatitis A, bila tidak ada, maka dapat dilakukan vaksinasi bersamaan dengan vaksinasi hepatitis B, sehingga tidak perlu dua kali suntik," jelasnya.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment