Sunday, March 9, 2014

Stem Cell Darah Tali Pusat Tak Sembuhkan Semua Penyakit

Stem Cell Darah Tali Pusat Tak Sembuhkan Semua PenyakitPENELITIAN dan pengetahuan tentang stem cell atau sel punca terus meningkat. Saat ini stem cell yang menjadi 'buah bibir' adalah stem cell darah tali pusat.

Hal ini menurut peneliti dari Stemcell and Cancer Institute (SCI) Kalbe Farma, Indra Bachtiar karena stem cell darah tali pusat merupakan sumber stem cell yang paling baik. Meskipun begitu, Indra mengatakan bahwa stem cell darah tali pusat tidak serta-merta bisa menyembuhkan segala jenis penyakit.

"Tidak jarang pasien percaya bahwa stem cell darah tali pusat dapat menyembuhkan segala jenis penyakit, misalnya jantung atau penyakit berbahaya lain, namun tidak sepenuhnya begitu," jelasnya pada Media Workshop Stem Cell Technology for a Better Life di Bogor Golf Resort & Convention Center, Bogor, baru-baru ini.

Lebih lanjut, Indra menjelaskan bahwa darah tali pusat merupakan jenis Hematopoietic stem cell (HSC). Menurutnya, jenis stem cell ini berkaitan erat dengan darah, seperti masalah pembuluh darah, sel darah merah, dan sel darah putih.

"Jadi, stem cell darah tali pusat hanya dapat menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan darah. Jadi, darah tali pusat tidak dapat menyembuhkan segala jenis penyakit, yakni hanya yang berhubungan dengan darah," tandasnya. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment