Wednesday, March 26, 2014

Setahun Usai Lahiran Badan Masih Gemuk, Dampaknya?

Setahun Usai Lahiran Badan Masih Gemuk, Dampaknya?KETIKA hamil berat badan wanita akan mengalami kenaikan yang wajar, namun bobot akan menyusut secara bertahap setelah melahirkan. Lantas, bagaimana bila berat badan seorang wanita yang tidak kunjung turun setelah satu tahun melahirkan?  
Para peneliti memperingatkan bahwa ibu baru yang mengalami kenaikan berat badan setelah melahirkan berada pada peningkatan risiko terhadap diabetes. Hal ini berdasarkan penelitian dari 300 peserta perempuan dan diamati ketika hamil dan selama setahun setelah melahirkan.
 
Selanjutnya, para peneliti menemukan bahwa sekira tiga perempat dari peserta kehilangan berat badannya atau disebut ?baby weight? selama selama setahun. Bahkan, mereka memiliki kadar kolesterol dan tekanan darah yang sehat.
 
Sementara, seperempat dari peserta lainnya bertambah berat badannya, dan menunjukkan peningkatan faktor risiko terhadap diabetes dan penyakit jantung. Namun, menurut para peneliti di Mount Sinai Hospital, Toronto, tidak satu pun dari faktor-faktor risiko hadir pada tiga bulan setelah wanita melahirkan.
 
?Dengan hasil ini, kita dapat mengatakan bahwa kegagalan menurunkan berat badan 3 sampai 12 bulan setelah melahirkan akan menyebabkan tekanan darah, kolesterol, dan insulin dalam tubuh menuju ke arah yang tidak sehat,? jelas Endocrinologist dari the Hospital Sinai Center for Diabetes, Dr Ravi Retnakaran, dikutip Newsmaxhealth.
 
Lebih lanjut, Dr Retnakaran mencatat bahwa studi ini menawarkan bukti kuat untuk mendukung teori bahwa kegagalan menurunkan berat badan setelah melahirkan menimbulkan risiko kesehatan jangka panjang.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment