Thursday, March 27, 2014

Kanker Usus Besar Juga Intai Orang Muda

Kanker Usus Besar Juga Intai Orang Muda   PENYEBAB pasti kanker kolorektal masih belum diketahui. Namun, ada beberapa faktor risiko yang bisa memperbesar kemungkinan Anda terkena kanker usus besar.  
Menurut dokter spesialis penyakit dalam, Hematologi-Onkologi Medik RSCM, Dr. Cosphiadi Irawan, SpPD-KHOM, salah satu faktor risiko dari kanker usus besar adalah usia di atas 50 tahun. Oleh sebab itu, ada mitos mengenai kanker usus besar hanyalah penyakit untuk orangtua.
 
"Mayoritas orang yang didiagnosis kanker usus besar telah berusia di atas 50 tahun. Meski demikian, kanker ini bisa juga dialami oleh usia yang lebih muda," terangnya pada ?Media Health Forum & Peluncuran Kampanye Toilet bertema Kalahkan Kanker Kolorektal Dengan Deteksi Dini? di The Energy Building, Sudirman, Jakarta, Kamis (27/3/2014).
 
Lebih lanjut, selain karena riwayat keluarga dan pernah mengalami kanker usus besar sebelumnya, gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi salah satu faktor risiko kanker usus besar. Misalnya, pola makan yang tidak sehat seperti tinggi lemak, protein, dan rendah serat.
 
"Mengonsumsi alkohol dan kebiasaan merokok dan jarang melakukan aktivitas fisik juga menjadi faktor risiko dari kanker usus besar," tuturnya.
 
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment