Thursday, March 27, 2014

Kekurangan Vitamin D Picu Penyakit Jantung

Kekurangan Vitamin D Picu Penyakit JantungBEBERAPA orang mungkin menghindari paparan sinar matahari, bahkan saat masih pagi hari. Padahal, paparan sinar matahari pagi yang sehat dapat menjauhkan seseorang dari penyakit jantung. Apa pasal?  
Sebuah penelitian menemukan bahwa kekurangan vitamin D akan menghadapi peningkatan risiko penyakit jantung. Temuan yang dipresentasikan dalam the American College of Cardiology ini menuunjukkan bahwa vitamin D dari sinar matahari dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko mengembangkan penyakit arteri koroner.
 
Studi yang dilakukan peneliti dari Italia ini mengevaluasi hubungan antara kadar vitamin D dan penyakit arteri koroner. Para peneliti menemukan kekurangan vitamin D pada 70 persen lebih pasien yang menjalani tes pencitraan.
 
Seorang ahli jantung, Monica Verdoia, MD dari the Department of Cardiology, Ospedale Maggiore della Carità, Eastern Piedmont University, Novara, Italia mengatakan bahwa kekurangan vitamin D dikaitkan dengan risiko 32 persen lebih tinggi terhadap penyakit arteri koroner dan peningkatan risiko sebesar 20 persen penyakit jantung yang berat.
 
?Pasien dengan kadar vitamin D yang sangat rendah hampir dua kali lebih mungkin untuk menderita aterosklerosis koroner,? ujar Monica Verdoia, dikutip Newsmaxhealth.
 
Selain itu, Dr. Verdoia menyarankan dokter harus merekomendasikan pasien jantung untuk mengikuti diet kaya vitamin D. Menurutnya, vitamin bertindak sebagai regulator pada fungsi sistem kekebalan tubuh, serta peradangan hingga pada akhirnya berkontribusi terhadap penurunan risiko terhadap penyakit jantung.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment