Wednesday, March 26, 2014

Mata Perih Menatap Monitor, Apa Sih Sebabnya?

Mata Perih Menatap Monitor, Apa Sih Sebabnya?RISIH karena mata perih atau pegal saat menatap monitor komputer. Hati-hati, mungkin Anda mengalami computer vision syndrome.  
Hal itu diutarakan Dr. Elvioza, SpM, dokter spesialis mata sekaligus Kepala Divisi Vitreoretina Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dia menjelaskan bahwa computer vision syndrome ialah masalah mata yang sering dialami banyak orang belakangan ini. Hal itu sendiri disebabkan karena seseorang terlalu lama menatap monitor komputer. Sehingga menyebabkan mata jadi perih, pegal, tegang, dan infeksi pada mata.
 
"Pernahkah mata Anda pegal, sepet, perih dan tidak enak? Nah, itu karena computer vision syndrome, kelamaan menatap monitor komputer," katanya dalam acara bertema ?Opsi Pengobatan Tebaru untuk Wet Age-Related Macular Degeneration ( Wet AMD)? di Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (26/3/2014).
 
Kalau sudah seperti itu, istirahatkanlah mata Anda beberapa menit. Kemudian, merileksikan mata dengan melihat objek dari jauh.
 
"Semakin kita melihat objek yang kecil, itu semakin mata kita diperas dua kali lipat. Sedangkan kalau melihat objek yang jauh makin merilekskan mata. Karena itu, saat mata sudah perih karena terlalu lama menatap layar komputer, lihatlah  objek dari jauh minimal enam meter. Pokoknya, makin jauh makan bagus," terangnya.
 
Kapan waktu idealnya kita mengistirahatkan mata?
 
"Setidaknya setiap satu jam latihan selama lima menit," tandasnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment