Thursday, March 27, 2014

Waspadai Kanker Kolorektal di Indonesia

Waspadai Kanker Kolorektal di IndonesiaKANKER kolorektal adalah kanker yang tumbuh pada usus besar atau rektum. Kanker ini merupakan salah satu jenis paling umum terjadi dan tidak boleh disepelekan, baik pada laki-laki maupun perempuan.  
Berdasarkan data dari WHO 2012, menurut dokter spesialis penyakit dalam, Hematologi-Onkologi Medik RSCM, Dr. Cosphiadi Irawan, SpPD-KHOM, kanker kolorektal berada pada urutan ketiga jenis yang sering terjadi pada laki-laki. Sedangkan kanker kolorektal merupakan jenis kanker nomor dua yang paling sering terjadi pada perempuan.
 
"Kanker kolorektal merupakan penyebab kematian akibat kanker nomor empat dengan estimasi sekira 694.000 kematian," ujarnya pada ?Media Health Forum & Peluncuran Kampanye Toilet bertema Kalahkan Kanker Kolorektal Dengan Deteksi Dini? di The Energy Building, Sudirman, Jakarta, Kamis (27/3/2014).
 
Lebih lanjut, Dr Cosphiadi mengatakan bahwa di Indonesia sendiri kanker kolorektal merupakan jenis kanker paling sering terjadi pada laki-laki maupun perempuan.
 
"Selain itu, kita kemungkinan menghadapi 30 kasus baru, dan 9,5 persen kemungkinan kematian jika tidak dilakukan tindakan pencegahan. Salah satu pencegahannya adalah menerapkan gaya hidup sehat dan memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari," jelasnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment