Sunday, March 30, 2014

Ini Dia Orang yang Paling Berisiko Alami Impotensi

Ini Dia Orang yang Paling Berisiko Alami ImpotensiDOK, siapa saja pria yang paling berisiko mengalami impotensi? Apakah usia remaja bisa mengalami impotensi? Jika iya, Apa faktor yang menyebabkan remaja mengalami impotensi?

Nurdin, 34 tahun  
JAWABAN
 
Salam untuk Pak Nurdin, definisi Impoten merupakan istilah awam, sedangkan terminologi medisnya adalah disfungsi ereksi.
 
Disfungsi ereksi didefinisikan sebagai ketidakmampuan mencapai dan mempertahankan ereksi untuk dapat memperoleh hubungan seksual yang memuaskan.
 
Dari definisi tersebut, biasanya disfungsi ereksi dialami oleh laki-laki yang menikah atau setidaknya pernah menikah.
 
Disfungsi ereksi pada remaja sepertinya sulit dipastikan, mengingat remaja belum mencapai usia menikah.
 
Disfungsi ereksi sendiri diklasifikasikan menjadi DE (disfungsi ereksi)  psikogenik dan organik. DE psikogenik timbul dikarenakan faktor psikis seperti stress pekerjaan, kelelahan fisik, adanya masalah suamu-isteri dsb. 
 
Sedangkan DE organik disebabkan adanya penyakit kronik yang mempengaruhi aliran darah, antara lain diabetes mellitus, kadar lemak atau kolesterol yang tinggi, gangguan hormon lelaki.
 
DE psikogenik biasanya dialami laki2 usia produktif, sedangkan DE organik biasanya pada laki-laki usia yang lebih senior (>40-50 tahun).
 
Tentu saja disarankan untuk berkonsultasi dengan urolog untuk mendapatkan diagnosis maupun penatalaksanaan yang sesuai.
 
Demikian penjelasannya, terima kasih-salam.
 
dr Nugroho Budi Utomo, SpU Spesialis Urologi di RS Meilia Cibubur
(ren)

»

0 comments:

Post a Comment