Friday, March 28, 2014

Cegah Diabetes, Terapkan Pola Diet Ini

Cegah Diabetes, Terapkan Pola Diet IniSALAH satu cara untuk mengontrol dan mengurangi risiko diabetes adalah menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Salah satu diet yang dianjurkan untuk pasien diabetes adalah diet mediterania.  
Sebuah penelitian mengatakan bahwa diet mediterania dapat mengurangi risiko diabetes, terutama jika berisiko tinggi terhadap penyakit jantung. Hal ini merupakan temuan dari para peneliti yang mengkaji 19 studi dan melibatkan 162.000 lebih orang di negara berbeda selama rata-rata 5,5 tahun.
 
Hasil analisis menunjukkan bahwa diet mediterania yang kaya ikan, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan berhubungan dengan 21 persen risiko lebih rendah terkena diabetes dibandingkan pola makan lainnya. Selain itu, diet mediterania juga mengurangi risiko diabetes lebih dari 27 persen di antara orang yang berisiko tinggi terhadap penyakit jantung.
 
?Kepatuhan terhadap diet mediterania dapat mencegah perkembangan diabetes terlepas dari usia, jenis kelamin, ras atau budaya,? ujar pemimpin penelitian Profesor Demosthenes Panagiotakos dari Harokopio University, Athena, Yunani, dikutip Newsmaxhealth.
 
Lebih lanjut, menurut Panagiotakos, diet mediterania memiliki efek menguntungkan, bahkan untuk orang-orang yang berisiko tinggi. Dia mengatakan bahwa tidak terlalu terlambat untuk memulai makan-makanan yang sehat.
 
Sementara itu, ulasan penelitian yang dilakukan Panagiotakos ini juga menunjukkan bahwa diet mediterania mengurangi risiko diabetes pada orang-orang di Eropa dan non-Eropa. Jumlah kasus diabetes di seluruh dunia telah naik dua kali lipat dalam 30 tahun terakhir dan lonjakan ini telah dikaitkan dengan pertumbuhan epidemi obesitas.
 
?Diabetes adalah epidemi yang sedang berlangsung dan berhubungan dengan obesitas, terutama pada populasi yang kelebihan berat badan. Kita harus melakukan sesuatu untuk mencegah diabetes, dan mengubah pola makan mungkin menjadi pengobatan yang efektif,? jelas Panagiotakos
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment