Monday, March 31, 2014

Anak Tiga Tahun Belum Bisa Menggowes, Solusinya?

Anak Tiga Tahun Belum Bisa Menggowes, Solusinya?PERKENALKAN saya Diana (29). Dokter, anak lelaki saya, tiga tahun, kesulitan bermain sepeda yang menggowes, gerakannya masih menggunakan kaki manual. Mohon penjelasannya dan terima kasih.

Jawaban:

Dear Ibu Diana, sesuai dengan usia tumbuh kembang anak, maka tahapan seharusnya pada anak usia tiga tahun sudah mempunyai kemampuan menggowes sepeda roda tiga. Tapi jika belum mampu, biasanya dikarenakan kurang matangnya kemampuan sensori integrasi.
 
Hal tersebut akan berhubungan dengan perencanaan gerak motorik kasar, di mana kondisi ini berhubungan dengan tidak lancarnya penrencanaan gerak dan koordinasinya. Maka terdapat beberapa hal yang harus ibu lakukan, antara lain:
 
1. Melatih gerakan Cross Laterality Brain (semua gerakan yang melibatkan kedua belahan tubuh), seperti berlari, jalan di tempat, lari di tempat, berenang, memukul bola atau sand bag yang di gantung, dan lain-lain.
 
2. Melatih menggowes sepeda roda tiga terlebih dahulu dan hanya berfokus pada masalah kaki saja dulu, telapak kaki diikatkan di pedal dan anak diajarkan reparterning (pola menggowes).
 
3. Menjadi teladan dengan bermain sepeda bersama, sehingga anak dapat melakukan duplikasi dan imitasi, ataupun dengan kita terlebih dahulu yang menggerakkan pedalnya atau dengan cara kita yang mendorong sepedanya supaya pedalnya berputar.
 
Semoga beberapa hal tersebut di atas dapat membantu menyelesaikan masalah ibu. Bila dirasa perkembangannya tidak berhasil atau stagnan, silahkan ibu menghubungi klinik tumbuh kembang anak terdekat, sehingga dapat ditangani sesuai dengan hasil konsultasi dan observasi langsung.
 
Demikian bu, semoga dapat membantu dan salam tumbuh kembang bagi Ananda.

Salam

dr Tri Gunadi
Direktur Klinik Tumbuh Kembang YAMET
RS Meilia Cibubur

(tty)

»

0 comments:

Post a Comment