Thursday, March 7, 2013

Puskesmas 24 Jam Jadi Program Unggulan Dinkes Depok

Puskesmas 24 Jam Jadi Program Unggulan Dinkes DepokGUNA memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Depok, Dinas Kesehatan Kota Depok menargetkan akan menambah jumlah Puskesmas menjadi 60 titik, dari jumlah saat ini masih 32 titik. Dari total 60 tersebut, sebanyak 11 Puskesmas akan beroperasi 24 jam.  
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Depok Drg Hardiono mengatakan, 11 unit Puskesmas 24 jam direncanakan berada di setiap kecamatan. Selama ini, Puskesmas 24 jam baru ada di Kecamatan Cimanggis dan Sukmajaya.
 
"Puskesmas 24 jam ini baru ada di wilayah Kecamatan Cimanggis. Puskesmas 24 jam Cimanggis ini, baru diresmikan Desember lalu. Selain di Cimanggis, Puskesmas 24 jam sudah ada pula di Kecamatan Sukmajaya. Puskesmas 24 jam ini fungsinya untuk membantu RSUD,? katanya ditemui Okezone di Depok, Jawa Barat, Kamis (7/3/2013).
 
Pemkot Depok mengusahakan, Puskesmas 24 jam untuk meningkatkan pelayanan kesehatan warga, terutama warga miskin. Selain itu, kata dia, sebagai pertolongan pertama sebelum seorang pasien dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).
 
"Hal itu sesuai janji kepala daerah selama lima tahun, yakni memperbanyak Puskesmas 24 jam," tegasnya.
 
Hardiono menambahkan, sebenarnya Puskesmas 24 jam tersebut semula terbentuk karena adanya piket giliran dokter se-Depok. Namun, terdapat kebijakan baru bahwa mulai Januari, boleh merekrut dokter honorer.
 
"Kami rekrut SDM untuk doktor honor harian lepas. Ada delapan tenaga tambahan. Intinya, supaya pelayanan kesehatan di Depok lebih baik. Kami berupaya tambah Puskesmas sebagai satelit kesehatan," imbuhnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment