Monday, March 11, 2013

Obati Luka Bakar, Jangan Gunakan Air Dingin

Obati Luka Bakar, Jangan Gunakan Air Dingin   ANDA mungkin termasuk orang yang percaya bahwa dengan menyiram air dingin pada luka bakar akan dapat mengurangi efek luka yang terjadi. Namun ternyata, hal ini tidak sepenuhnya benar. Menggunakan air hangat jauh lebih membantu mengatasi luka bakar.
 
Menggunakan air dingin pada luka bakar secara umum dianggap sebagai cara terbaik untuk mendinginkan kulit dan mencegah panas yang melepuhkan kulit. Namun studi dalam Journal of Plastic, Reconstruction & Aesthetic Surgery menunjukkan sebaliknya. Menggunakan air hangat daripada air dingin, menjadi metode yang lebih efektif membatasi kerusakan jaringan dan memulihkan aliran darah ke daerah yang terbakar ketimbang menggunakan air dingin, demikian yang dilansir Foxnews.
 
Penggunaan air hangat dapat membantu mencegah kerusakan jaringan atau nekrosis. Air dingin memang akan mendinginkan dan membuat perasaan nyaman pada luka bakar. Tetapi ternyata hal tersebut hanya berlangsung sementara.
 
Setelah 20 menit, luka bakar akan terasa menyakitkan jika Anda menggunakan air dingin. Ini akan mengarah ke suhu rendah dibawah suhu normal kulit yang menciptakan kerusakan jaringan kulit. Namun pendinginan cepat dengan air dingin bisa dilakukan selama sekitar satu menit dan kemudian beralih ke air hangat untuk membantu mengembalikan sirkulasi. (ind)
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment