Monday, March 11, 2013

Merokok, Risiko Kanker Usus pun Meningkat

Merokok, Risiko Kanker Usus pun Meningkat   JANGAN anggap remeh gangguan pencernaan yang Anda alami. Jika tidak diobati dengan benar, gangguan pencernaan ini bisa mengarah pada peningkatan risiko kanker usus.
 
Kebanyakan penderita kanker usus mengalami tanda atau gejala berupa adanya gangguan pencernaan sebelum mereka akhirnya didiagnosa mengalami kanker usus. Orang yang menderita penyakit radang usus berada pada peningkatan risiko untuk menderita kanker usus besar, akibat dari peradangan jaringan usus dalam jangka waktu lama. Daerah usus yang terkena radang bisa menimbulkan sel-sel yang secara bertahap dapat berkembang menjadi sel kanker, demikian yang dilansir Healthmeup.
 
Selain masalah pencernaan, faktor lain yang bisa memicu kanker usus adalah konsumsi alkohol, merokok, dan diet yang tidak sehat. Merokok misalnya, jangka panjang dari merokok bisa menyebabkan kanker usus besar karena dua alasan. Pertama, asap yang terhirup atau tertelan. Asap tembakau ini ternyata membawa zat karsinogen ke usus besar.
 
Kedua, penggunaan tembakau dalam rokok bisa meningkatkan ukuran polip yang bisa muncul pada dinding bagian dalam usus besar. Segera lakukan pemeriksaan jika terdapat gejala atau kondisi yang membuat pencernaan Anda tidak nyaman, agar dapat melakukan pencegahan terhadap risiko penyakit apapun, terutama kanker usus. (ind)
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment