Sunday, March 10, 2013

Deteksi Obesitas dari Ukuran Lingkar Pinggang

Deteksi Obesitas dari Ukuran Lingkar Pinggang   OBESITAS memang dikenal memiliki banyak komplikasi penyakit yang cukup mematikan. Berbagai penyakit seperti gangguan pernafasan, jantung, gangguan hormonal, dan kanker bisa menghantui kesehatan Anda.
 
Salah satu penyebab obesitas adalah, adanya ketidakseimbangan antara asupan kalori dengan pengeluaran kalori. Banyak orang saat ini mengonsumsi makanan tidak sehat seperti junkfood, dan kurang bergerak. Sehingga memicu tubuh menyimpan lemak dan membuat tubuh menjadi kelebihan berat badan.
 
 Namun, Anda tidak perlu cemas. Dengan melakukan perubahan gaya hidup, dan menjalani terapi obesitas, Anda bisa mencegah penyakit yang tidak diinginkan.
 
?Ada berbagai cara untuk mengobati obesitas. Langkah pertama bisa dilakukan melalui diet seimbang, dan melakukan aktivitas fisik berupa olahraga secara rutin. Ini namanya modifikasi pola hidup. Jika tidak bisa, bisa dibantu dengan obat. Dan kita juga bisa melakukan pembedahan pada penderita obesitas akut,? ujar Dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGk, ahli gizi dari FKUI dalam acara Women Health Expo, di hotel Grand Sahid, Jakarta, (10/3/2013).
 
Lebih lanjut, dr. Fiastuti mengungkapkan, mengukur lingkar pinggang dapat menjadi peringatan atau pencegah obesitas.
 
?Batas lingkar pinggang normal pada pria adalah 90 cm, dan pada wanita 80 cm. Kelebihan lemak di daerah perut bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular,? tutupnya.
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment