Sunday, March 10, 2013

Hadapi BPJS, Dinkes Depok Terus Benahi Pelayanan

Hadapi BPJS, Dinkes Depok Terus Benahi PelayananPEMERINTAH saat ini sedang menyiapkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Ada wacana bahwa pemerintah akan mengalihkan program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang saat ini dijalankan Kementerian Kesehatan kepada BPJS.  
Sementara, sesuai otonomi daerah, Pemerintah Kota Depok sudah menyalurkan program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) sejak awal 2011. Dinas Kesehatan Kota Depok masih menunggu aturan resmi terkait persiapan program BPJS.
 
Sambil menunggu itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Drg Hardiono menjelaskan bahwa pihaknya terus berbenah dengan meningkatkan pelayanan kesehatan yang optimal, salah satunya meningkatkan fungsi Puskesmas bagi masyarakat.
 
?Untuk menghadapi BPJS bagaimana untuk memenuhi standarisasinya, agar Puskesmas bagus, sistem Jamkesda kita juga terus ditingkatkan,? katanya ditemui Okezone di Depok, Jawa Barat, belum lama ini.
 
Selain itu, kata dia, nantinya uji coba BPJS pertama akan dilakukan di DKI Jakarta. Sementara Depok, lanjutnya, masih menunggu apakah BPJS akan dilebur dengan Jamkesda atau tetap berjalan masing?masing.
 
?Pelayanan harus terus ditingkatkan perbaikan terus-menerus. Soal BPJS kalau kita, masih terbatas pada orang miskin. Untuk pekerja informal akan dilakukan tahap berikutnya. Namun, apa nantinya mau dilebur Jamkesda dengan BPJS? Ada keuntungannya juga, nantinya enggak ada tanggung jawab lagi, premi diserahkan ke APBD, beban kami berkurang. Tetapi kalau kita masih berjalan masing-masing, berarti laporan saja, masing-masing berjalan, tapi intinya kami berbenah terus,? tegasnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment