Friday, June 20, 2014

Hati-Hati, Mengejan Bisa Bikin Pasien Jantung Alami Serangan Jantung

Hati-Hati, Mengejan Bisa Bikin Pasien Jantung Alami Serangan Jantung   MENGEJAN saat sembelit seringkali dianggap sepele. Tapi tahukah Anda bahwa mengejan bagi penderita jantung bisa memicu serangan jantung?  
Ya, pakar penyakit dalam dari FKUI, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP menerangkan bahwa untuk penderita jantung, memang sudah dari dulu harus dihindari. Sebab, mengejan bisa membuat berefek buruk yang tidak terbayangkan.
 
"Orang yang sakit jantung, dari dulu memang dilarang mengejan. Kalau ada pembekuan darah, mengejan bisa menyebabkan bekuan darah itu lepas dan akhirnya menyumbat, dan membuat peredaran darah berhenti. Oleh karena itu kita sering dapati serangan jantung saat sedang buang air besar," ucap dr. Ari di dalam acara yang bertema Peluncuran website dan talkshow mari bicara sembelit, di Eatology, Sabang, Jakarta Pusat, baru-baru ini.
 
Penyebab pasien jantung bisa mengalami sembelit biasanya karena berbagai hal, antara lain dari kurangnya serat, kurangnya mengonsumsi air putih, kurang aktivitas fisik, faktor psikologis. Dan biasanya dokter memang sudah memberi tahu pasien untuk menjalani makanan pola makan sehat itu seperti apa saja dan jauh dari stres, urai dr. Ari.
 
"Makanya mengonsumsi serat dan air itu jadi salah satu pengobatan pasien jantung. Kenapa? Itu agar mereka jangan mengejan," simpulnya.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment