Wednesday, June 25, 2014

Lepas ASI Ekskslusif, Biasakan Anak Minum Air Putih

Lepas ASI Ekskslusif, Biasakan Anak Minum Air Putih   SELAIN orang-orang lanjut usia (lansia), anak-anak merupakan kalangan yang rentan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk memenuhi kebutuhan cairan sang buah hati.

Terlebih lagi, anak-anak lebih cenderung tidak menyukai rasa air putih dibandingkan minuman-minuman manis. Namun, sebenarnya ada cara mudah yang dapat membantu anak suka minum air putih sehingga kebutuhan cairan harian mereka tercukupi.

Pakar gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr Saptawati Bardosono, MSc, mengatakan bahwa anak harus dibiasakan menyukai rasa air putih. Pasalnya, anak yang dibiasakan dengan rasa manis biasanya akan menolak bila diberikan air putih.

"Jadi, kalau bisa, setelah anak sudah boleh minum cairan selain ASI, pertama kali rasa yang harus diperkenalkan adalah rasa air putih," katanya pada Media Briefing Ramadhan #AQUA242 di Ritz Carlton, Pacific Place, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (25/6/2014).

Selain itu, bila usia anak sudah semakin bertambah tetapi masih ingin diajarkan minum air putih, tentu harus ada cara-cara sendiri. Misalnya, anak usia 5-6 tahun, bisa disediakan gelas berbeda saat ingin minum air putih.

"Misalnya pada anak Taman Kanak-Kanak (TK), mungkin mereka lebih senang bila gelasnya tidak biasa melainkan dengan bentuk-bentuk lucu sehingga mereka mau minum air putih," jelasnya.

Selain itu, dalam membiasakan anak untuk minum air putih, Dr Saptawati mengatakan bahwa peran orangtua juga sangat penting. "Kita juga harus memberi contoh untuk minum air putih karena cenderung anak akan meniru. Jadi, jangan minum selain air putih," tutupnya. (fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment