Tuesday, June 24, 2014

Anak Muda juga Bisa Kena Cacar Ular, Lho

Anak Muda juga Bisa Kena Cacar Ular, LhoPENYAKIT kulit herpes zoster umumnya terjadi pada usia di atas 50 tahun. Namun, bukan berarti mereka yang di usia muda, tidak patut mewaspadai penyakit yang disebut juga cacar ular ini.

Menurut dr Hanny Nilasari SpKK (K) dari Kelompok Studi Herpes Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski), dalam kurun waktu 2009 sampai 2013, herpes zoster mulai sering terjadi di usia sekira 40 tahun. (Baca: Masuk Usia Lanjut, Waspadai Cacar Ular!)

"Dugaan saya, hal tersebut karena gaya hidup mengubah imunologis dari beberapa pasien, misalnya kesehariannya seperti siang terus atau bekerja lebih dari delapan jam," ucapnya pada seminar bertema ?Herpes Zoster: 1 dari 3 Orang Berisiko, Saat ini Dapat Dicegah? di Restoran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 24 Juni 2014.

Selain itu, menurut dr Nilasari, gizi memengaruhi imunologis seseorang, terlebih cenderung sering mengonsumsi makanan-makanan cepat saji yang rendah serat. "Artinya, gizi kurang diperhatikan karena inginnya makan makanan cepat saji, serta menu variasinya kurang sayur dan buah," jelasnya.

Hal tersebut dikuatkan oleh pendapat Prof Dr dr Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI, FINASIM, FACP, dari Satuan Tugas Imunisasi Dewasa Perhumpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia. Menurutnya, makanan tinggi lemak justru membuat kekebalan tubuh menurun, terlebih bila kurang mengonsumsi sayur dan buah, serta jarang berolahraga.

Selain itu, Prof Samsuridjal mengatakan bahwa kurang tidur dan stres berkepanjangan dapat menurunkan imunitas sehingga seseorang lebih berisiko terkena herpes zoster. "Oleh karena itu, kita harus kembali ke kehidupan normal, jangan terlalu dikejar deadline," tutupnya (fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment