Friday, June 27, 2014

Manfaat Minum Air Jeruk Sebelum Makan Daging

Manfaat Minum Air Jeruk Sebelum Makan DagingMENGONSUMSI makanan-makanan berlemak secara berlebihan dapat menimbulkan rasa mual. Karenanya, beberapa orang pun berusaha mengurangi asupan makanan-makanan berlemak yang mengandung protein.

Meski begitu, asupan lemak yang mengandung protein sebenarnya sangat penting dikonsumsi bagi tubuh. Untuk mengurangi dampak negatif mengonsumsi daging secara berlebihan, Kepala Divisi Bedah Digestive Departemen Bedah RSUP Dr. Kariadi Semarang, Prof.Dr.dr.Ignatius Riwanto, Sp.BD menganjurkan untuk minum air jeruk sebelumnya.

"Ketika makan banyak protein terkadang terasa mual. Tetapi kalau Anda minum jeruk terlebih dahulu, itu akan membantu. Artinya, Anda bisa makan protein berlebihan atau lebih dari normal dengan tetap aman," jelasnya dalam acara Natural Wellness Symposium SOHO Global Health di Ballroom Grand City,  Surabaya, Jawa Timur, belum lama ini.

Lebih lanjut, Dr. Ignatius menjelaskan bahwa sistem pencernaan terdapat sel parietal yang memproduksi asam lambung dan sel cheap yang memproduksi pepsin. Keduanya berguna untuk mencerna protein.

"Jadi sebelum makan daging, minum air jeruk terlebih dahulu itu akan mencerna proteinnya agar nantinya dipecah menjadi bentuk molekul, sehingga bisa diserap di aliran darah," jelasnya.

Hanya, imbuh Dr. Ignatius, untuk mencerna protein dalam bentuk kumpulan molekul itu dibutuhkan pepsin dan bantuan asam. Sebab, pepsin yang bekerja dengan baik harus dalam kondisi asam.

"Jadi bukan jeruk mengandung sesuatu, tetapi karena dibutuhkan asamnya saja, supaya pepsin bekerja dengan baik dibutuhkan suasana asam. Tetapi kalau makan biasa, asam lambung seseorang sudah cukup," simpulnya.  
(fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment