Wednesday, June 25, 2014

Penyebab Banyak Orang Batal Puasa di Pekan Pertama

Penyebab Banyak Orang Batal Puasa di Pekan PertamaSEBENTAR lagi umat Muslim dunia akan melaksanakan ibadah puasa, termasuk di Indonesia. Namun, tahukah Anda jika pecan pertama puasa merupakan masa paling berat bagi yang menjalaninya?

Menurut Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, tidak sedikit mereka yang menjalani ibadah puasa mengalami diare di awal Ramadan. Umumnya, hal ini timbul pada pagi hari. Penyebab utama diare sendiri adalah konsumsi makanan  yang tidak tepat, baik saat sahur maupun berbuka.

"Makanan terlalu pedas dan asam menjadi pencetus kenapa mereka mengalami diare. Belum lagi makanan yang dicurigai sudah tercemar dan tetap dikonsumsi menjadi penyebab kenapa pasien yang batal tersebut mengalami diare," katanya dalam rilisnya, Rabu (25/6/2014).

Informasi ini menjadi penting agar masyarakat Muslim yang menjalami puasa pandai memilih makanan. Selain diare, nyeri ulu hati juga menjadi keluhan terbanyak di masa awal puasa.

"Nyeri ulu hati memang tidak sampai membatalkan puasa, tapi untuk sebagian pasien nyeri ulu hati sangat mengganggu," imbuhnya,

Lebih lanjut, puasa sebenarnya sangat dianjurkan karena memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Karena itu, dr Ari menambahkan, makanan dan minuman yang dikonsumsi harus diperhatikan.

"Agama  menganjurkan berpuasa agar kita sehat, tetapi tetap harus  memerhatikan makanan dan minuman selama buka dan sahur. Ini agar terhindar dari gangguan pencernaan dan tetap bisa melaksanakan puasa tanpa batal," tutupnya.  
(fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment