Sunday, March 10, 2013

Musim Hujan, Waspada DBD, ISPA, & Diare

Musim Hujan, Waspada DBD, ISPA, & DiareMUSIM penghujan biasa membuat seseorang rentan terhadap penyakit. Apalagi bagi mereka dengan daya tahan tubuh yang lemah.  
Tiga penyakit yang menjadi rangking dengan kasus terbanyak di Kota Depok saat musim hujan, yakni Demam Berdarah Dengue (DBD) dan  Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), dan diare.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Drg Hardiono meminta masyarakat untuk terus menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Namun, kata dia, angka tiga penyakit itu tidak terlampau tinggi di tahun ini. Jauh jika dibandingkan beberapa tahun sebelumnya di mana pasien DBD bisa ditemui di selasar atau lorong rumah sakit.
 
?Dulu sampai penuh di rumah sakit, terutama tiga penyakit itu, batuk pilek kan sama dengan ISPA. Namun, kini bahu membahu menggalakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN),? ungkapnya ditemui Okezone Depok, Jawa Barat, belum lama ini.
 
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawangan Depok Lies Karmawati menyatakan hal yang sama bahwa tiga penyakit tersebut banyak muncul pada musim hujan. Namun tahun ini, kata dia, pasien DBD terutama tidak terjadi lonjakan meski tetap ada.
 
?Setiap bulan pasti ada, kalau terjadi lonjakan kasus biasanya sudah ramai di rumah sakit, tidak terlalu banyak, dibanding tahun lalu. Diare sama saja, biasa saja, ISPA batuk pilek umum terjadi di musim hujan,? jelas Lies.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment