Tuesday, March 12, 2013

Kunyah Permen Karet, Konsentrasi pun Lebih Optimal

Kunyah Permen Karet, Konsentrasi pun Lebih Optimal   ANDA tentu sudah pernah mengonsumsi permen karet. Permen yang bertekstur kenyal ini ternyata bisa memiliki manfaat yang membantu otak Anda meningkatkan kemampuan berkonsentrasi.
 
Tanpa Anda sadari, permen karet yang sedang Anda kunyah bisa bermanfaat lebih dari penyegar napas. Pasalnya, ternyata permen karet juga meningkatkan kekuatan konsentrasi Anda. Menurut peneliti Inggris, penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa tindakan mengunyah permen karet dapat meningkatkan konsentrasi terkait hal yang berhubungan dengan memori, demikian yang dilansir Everydayhealth.
 
Percobaan ini melibatkan 38 orang yang dibagi menjadi dua kelompok, yang masing-masing melakukan tugas 30 menit yang melibatkan kegiatan mendengarkan daftar nomor 1-9 yang dibacakan dalam urutan acak. Para peserta diberi skor pada seberapa akurat dan cepat mereka mampu mendeteksi urutan angka, misalnya tujuh-dua-satu. Satu kelompok diharuskan mengunyah permen karet saat melakukan kegiatan tersebut.

Secara keseluruhan, peserta yang mengunyah permen karet memiliki waktu reaksi lebih cepat dan hasil yang lebih akurat daripada mereka yang tidak mengunyah permen karet. Hal ini terutama terjadi menjelang akhir tugas.
 
Para peneliti melihat bahwa mengunyah permen karet membantu kita fokus pada tugas-tugas yang membutuhkan pemantauan terus menerus pada jumlah waktu yang lebih lama. (ind)
 
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment