Tuesday, March 12, 2013

Inilah Penyebab Bakteri Resisten terhadap Antibiotik

Inilah Penyebab Bakteri Resisten terhadap Antibiotik   ANTIBIOTIK memang dikenal sebagai salah satu obat untuk mengatasi infeksi pada tubuh manusia. Namun tak jarang, beberapa oknum menggunakan antibiotik sebagi bahan campuran makanan ternak yang membahayakan kesehatan.
 
Penggunaan antibiotik sebagai salah satu campuran dalam pakan ternak banyak dilakukan para peternak di daratan Eropa. Mereka mengaku, penggunaan antibiotik ini akan membuat berat badan hewan ternak menjadi lebih cepat gemuk. Namun akibatnya, banyak bakteri yang pada akhirnya menjadi resisten atau tidak mempan terhadap antibiotik, demikian yang dilansir BBC.
 
Jika bakteri bisa resisten terhadap antibiotik, tubuh manusia jadi tidak bisa melawan infeksi yang terjadi. Anda bisa menghabiskan lebih banyak waktu di rumah sakit atau berujung pada kematian.
 
Prof Laura Piddock dari Birmingham University dan aksi kelompok antibiotik mengatakan, "Ini adalah obat berharga dan kita perlu menggunakannya dengan hati-hati.?
 
Di Eropa sendiri, pemerintah setempat sudah melarang menggunaan antibiotik yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan ternak karena dapat menyebabkan resistensi.
 
?Antibiotik harus jauh lebih mahal. Sesuatu yang lebih seperti harga obat kanker baru, agar dapat digunakan dengan tepat.? ungkap para peneliti.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment