Tuesday, March 12, 2013

Dunia Waspada Resistensi Bakteri pada Antibiotik

Dunia Waspada Resistensi Bakteri pada AntibiotikPENGGUNAAN antibiotik memang umum digunakan sebagai salah satu obat yang membantu tubuh mengatasi infeksi. Namun, saat ini sudah banyak kasus adanya resistensi antibiotik dari beberapa kuman dan bakteri. Hal ini tentu dapat berbahaya bagi kelangsungan hidup umat manusia.
 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa infeksi yang umum terjadi bisa tidak memiliki obat lagi di masa yang akan datang. Antibiotik memang dapat membunuh bakteri, namun beberapa bakteri dapat bertahan hidup dari obat antibiotik. Bakteri-bakteri yang bertahan hidup ini menemukan cara untuk mempertahankan diri dari serangan obat. Saat obat baru ditemukan, mereka juga menemukan cara baru untuk bertahan hidup. Demikian yang dilansir BBC.
 
Salah satu bakteri yang disebut New Dehli Metallo-beta-laktamase-1 (NDM-1) diperkirakan telah muncul di India, di mana sanitasi yang buruk dan penggunaan antibiotik telah membantu penyebaran resistensi.
 
Beberapa kasus juga telah terdeteksi di seluruh dunia, termasuk Inggris. Para ahli kesehatan meminta penggunaan antibiotik di seluruh negara dapat terkontrol untuk mencegah adanya bencana resistensi bakteri terhadap antibiotik.
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment