Wednesday, March 13, 2013

Hipertensi Tertinggi, Afsel Bikin Batasan Asupan Garam

Hipertensi Tertinggi, Afsel Bikin Batasan Asupan Garam   MENGONSUMSI garam dalam campuran setiap makanan memang sudah umum. Namun beberapa tahun terakhir, konsumsi garam menjadi cukup memprihatinkan karena terbukti memicu berbagai penyakit, seperti hipertensi, stroke, dan penyakit jantung.
 
Beberapa negara saat ini tengah menghadapi masalah kesehatan yang disebabkan oleh tingginya asupan garam yang dikonsumsi masyarakat. Negara-negara seperti Afrika Selatan, Inggris, Prancis, Finlandia dan Amerika Serikat menjalankan inisiatif pengurangan konsumsi garam pada warganya, demikian yang dilansir Health24.
 
Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan bahwa orang dewasa disarankan mengonsumsi kurang dari 5g garam (satu sendok teh) per hari. Namun di Afrika Selatan, beberapa ahli menemukan asupan garam rata-rata Afrika Selatan setinggi 40g garam sehari. Ini menunjukkan bahwa ada asupan garam yang tidak disadari oleh masyarakat saat ini.
 
Masalahnya utamanya adalah sampai 60 persen dari garam ini tersembunyi dalam produk dan dikonsumsi oleh orang-orang yang mungkin tidak menyadari kandungan garam tinggi dalam makanan mereka.
 
Saat ini beberapa negara menerapkan peraturan agar para produsen makanan mengurangi asupan garam ke dalam produknya. Ini dilakukan untuk mengatasi asupan garam berlebih.
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment