Sunday, March 10, 2013

Bumil Hipertensi, Picu Preeklamsia

Bumil Hipertensi, Picu Preeklamsia   MENJAGA kesehatan saat hamil tentu sangatlah penting. Salah satu penyakit yang harus diwaspadai adalah tekanan darah tinggi, atau hipertensi. Tekanan darah tinggi ini bisa sangat berbahaya karena menggangu kesehatan bumil dan calon bayi.
 
Meskipun banyak calon ibu yang hamil dengan hipertensi bsia melahirkan bayi sehat tanpa gangguan serius. Namun hipertensi selama kehamilan bisa meningkatkan risiko komplikasi.
 
Ada juga ibu hamil yang menderita hipertensi gestasional semasa kehamilan. Bahaya yang bisa dialami bumil dengan hipertensi adalah munculnya preeklamsia yang membahayakan keselamatan ibu dan bayi. Berikut ini adalah beberapa pencegahan hipertensi pada ibu hamil seperti yang dikutip dari buku Bayi Tabung, Mempersiapkan Kehamilan, karya Dr. Ivan R. Sini, SpOG, terbitan Gramedia.
 
Sebelum hamil
Pastikan tensi Anda terkendali. Perhatikan asupan garam, dan olahraga secara teratur juga pantau berat badan Anda, untuk mencegah kegemukan. Bila Anda sedang menjalani pengobatan untuk hipertensi, tanyakan pada dokter Anda adakah cara lain untuk mengatasi hipertensi bila Anda hamil nanti.
 
Saat hamil
Bila Anda merasa memiliki tekanan darah tinggi dan seang hamil, biasanya pemeriksaan kehamilan dimulai dengan pemantauan tekanan darah hingga proses persalinan. Hindari alkohol dan tembakai juga bicarakan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment