Tuesday, March 12, 2013

Berapa Batas Aman Penggunaan Garam Setiap Hari?

Berapa Batas Aman Penggunaan Garam Setiap Hari?GARAM adalah unsur penting dalam diet kita karena memainkan peran penting dalam retensi air, kontraksi otot, dan mengandung nutrisi yang vital bagi sistem pencernaan. Namun, mengontrol asupan garam masih harus dilakukan agar tubuh tidak kekurangan ataupun kelebihan nutrisi garam.
 
Terlalu sedikit kandungan sodium dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi karena sel-sel tidak dapat menahan air. Di sisi lain, natrium yang terlalu banyak dalam tubuh seseorang dimana berasal dari makanan asin dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Menurut pedoman Amerika, tubuh manusia hanya membutuhkan sekira setengah gram sodium per hari untuk mengatur keseimbangan cairan sel dan plasma. Garam umumnya tidak beracun untuk orang dewasa, asalkan diekskresikan dengan benar. Jumlah maksimum natrium yang harus dimasukkan ke dalam diet sehat harus berkisar 2,400-3,000 mg per hari, demikian yang dilansir Healthmeup.

Asupan sodium terlalu banyak dapat menyebabkan retensi air dalam tekanan darah darah ikut meningkat . Biasanya, ginjal akan mengeluarkan kelebihan air dari tubuh. Namun, terkadang, ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik dan sulit untuk mengusir kelebihan cairan keluar dari tubuh, sehingga menyebabkan retensi cairan. Hal ini meningkatkan volume darah yang dipompa melalui pembuluh darah dan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi).
 
Bagi pria, asupan rata-rata yang disarankan untuk dikonsumsi sedikitnya sembilan gram sodium per hari. Jika ditambah dengan makanan, maka bisa mengonsumsi lebih dari 12 gram setiap hari. Oleh karena itu, Anda perlu mengurangi asupan garam untuk menjaga kesehatan jantung Anda. (ind)
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment