Tuesday, August 5, 2014

Tertawa Setiap Hari Lebih Menyehatkan Lho

Tertawa Setiap Hari Lebih Menyehatkan LhoTERTAWA sudah menjadi bagian dari keseharian Anda. Tetapi, tahukah Anda bila tertawa mempunyai manfaat bagi kesehatan.  
Mungkin mulai sekarang Anda harus lebih banyak tertawa dibanding cemberut. Dr Michael Miller dari University of Maryland School of Medicine telah meneliti bagaimana efek tertawa bagi kesehatan jantung. (Baca: Inilah Penyebab Ensefalitis Sangat Berbahaya)
 
Dalam penelitian tersebut, dia menguji aliran darah dari pria dan wanita dalam kondisi sehat. Kemudian peserta penelitian tersebut diminta untuk menonton film dengan genre berbeda-beda, hasilnya?
 
Ketika mereka menonton film perang, aliran darah menurun denga rata-rata 35 persen. Sedangkan, ketika mereka menonton sebuah film komedi, aliran darah meningkat sebesar 22 persen, bahkan tetap seperti itu selama 30 sampai 45 menit.
 
Dr Miller menjelaskan bahwa penurunan aliran darah adalah reaksi stres yang mempengaruhi lapisan endotelium dari pembuluh darah. Kerusakan pada endotel menyebabkan peradangan yang mengarah ke penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah hingga akhirnya mengakibatkan penyakit jantung.
 
?Stres mengakitbatkan endotelium menyempit sehingga membuatnya rentan terhadap peradangan. Sementara, tertawa akan mengembangkan endotelium sehingga aliran darah menjadi meningkat,? jelasnya sebagaimana dikutip Newsmaxhealth, Rabu (6/8/2014).
 
Selain itu, tertawa juga memiliki manfaat kesehatan lain, seperti meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, Dr Miller mengatakan bahwa banyak alasan yang membuat Anda harus tertawa setiap hari.
 
?Tertawa juga melemaskan otot-otot, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kekebalan tubuh. Itulah alasan lain mengapa Anda harus tertawa setiap hari,? tutupnya.
 
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment